LSM KPMP Gelar Aksi Unjuk Rasa Soroti Perijinan Dan Pengawasan Limbah

Kudus, Radiosuarakudus.com- Puluhan orang dari anggota Komando Pejuang Merah Putih (KPMP) Kabupaten Kudus, Selasa 24 April 2018 melakukan aksi unjuk rasa terkait pengawasan dan penanganan masalah limbah perusahaan. Aksi yang digelar di alun – alun simpang tujuh Kudus ini dimulai sekitar pukul 09.30 wib. Mereka berorasi seraya menyinggung masalah perijinan IMB dan limbah yang dianggap tidak transparan dalam penangananya.

Koordinator aksi, Subiyanto menegaskan, pihak Dinas PKPLH Kudus harus menindak tegas bagi perusahaan yang melanggar aturan SOP pembuangan/pengolahan limbah B3. Dia menuding Dinas PKPLH terkesan menutup mata karena banyaknya perusahaan – perusahaan besar di kabupaten Kudus yang membuang atau mengeluarkan limbah B3 tanpa disertai dokumen – dokumen resmi.

Bahkan dia juga menengarai adanya limbah B3 yang diperjualbelikan kepada pihak – pihak terkait tanpa surat resmi apapun. Dia juga menyayangkan bila memang Dinas PKPLH sebagai pengawas malah takut kepada perusahaan atau malah sebaliknya karena perusahaan – perusahaan itu menjadi pundi – pundi uang kedinasan.

Masih kata Subiyono, limbah B3 adalah sesuatu kejahatan nasional serta berpengaruh dan berperan dalam kehidupan dan lingkungan alam. Maka lanjut dia, sangat tidak bijak bila ini didiamkan tanpa tindakan apapun.

Subiyono juga mengaku tahu, pembuangan limbah B3 disetiap perusahaan membayar kepada pengelola sehingga hal tersebut rentan dengan pemalsuan dokumen. Dia juga meminta kepada Dinas PKPLH untuk memberikan bukti nyata dalam pengawasan pembuangan limbah B3 perusahaan di Kudus. (Roy Kusuma – RSK)

About

You may also like...

Comments are closed.