5:54 pm - Thursday June 29, 2017

KUDUS MEMILIKI 76 BIDAN DELIMA

10306 Viewed suarakudusfm88 0 respond
INFO SEPUTAR KUDUS, SABTU 25 JUNI 2011

Bertempat di Graha Mustika Desa Getas Pejaten Kecamatan Jati, berlangsung kegiatan HUT IBI (Ikatan Bidan Indonesia) yang ke 60 dan pelantikan bidan delima di Kudus. Hadir dalam acara tersebut, Bupati Kudus Musthofa, Ketua I bidang organisasi PD IBI Jateng, Endang Suwartiningsih, Ketua Bidan Delima Jawa Tengah, Sujarwo Rinahati serta Ketua IBI Kabupaten Kudus, Hj. Siti Nurwiyah.

Dalam sambutannya, Musthofa mengatakan, bahwa untuk profesi sebagai bidan yang berhubungan langsung dengan pelayanan kepada masyarakat, harus ditunjang dengan sarana dan prasarana, kemudian kurikulum harus disesuaikan dengan jaman serta peningkatan kualitas sumber daya manusianya. Selain itu ditegaskannya, sebagai tenaga profesional, bidan harus mampu menjadi corong pemerintah dalam mensukseskan program – programnya. Sehingga, masyarakat yang tadinya tidak tahu menjadi tahu terkait pelayanan kesehatan. MUSTHOFA

Sementara itu Ketua IBI Kabupaten Kudus, Hj. Siti Nurwiyah menjelaskan, jumlah bidan di Kudus sebanyak 367 orang. Dan untuk bidan delima di Kudus saat ini ada 76 orang termasuk 7 fasilitator. Tujuh fasilitator ini sebelumnya diberikan pelatihan selama dua minggu di PD IBI Jawa Tengah. Dan tujuh fasilitator ini memfasilitasi bidan – bidan mandiri yang akan diajukan untuk menjadi bidan delima. Tiap fasilitator memilih 5 orang bidan untuk diajukan menjadi bidan delima. Sebelum mereka menjadi bidan delima, maka para bidan mandiri tersebut harus menjalani proses persiapan selama 6 bulan. Didalamnya termasuk fasilitas dan administrasi untuk syarat falidasi.

Dikatakan pula, setelah dianggap layak dan cukup persiapannya, maka falidasi mereka diajukan ke pusat. Ada beberapa syarat lain sebelum mereka diajukan menjadi bidan mandiri, mereka harus lulusan minimal D3 dan memiliki masa kerja minimal 5 tahun. Ditambahkannya, kedepan seluruh bidan harus menjadi bidan delima, sebagai tolok ukur bidan yang profesional. Dijelaskan pula, dari seluruh bidan anggota IBI di Kudus, baru 20% yang menjadi bidan delima.
Sementara itu, dalam acara tersebut juga dilakukan pelantikan kepada 35 bidan delima baru di Kudus. Pelantikan itu langsung dilakukan oleh Ketua Bidan Delima Jawa Tengah, Sujarwo Rinahati.

Seputar Kabupaten Kudus:

  • bidan delima kudus
Don't miss the stories followRadio Suara Kudus and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
prev-next.jpg

MASYARAKAT KUDUS MASIH BANYAK YANG MENGGUNAKAN MITAN

prev-next.jpg

KALI WULAN TERCEMAR, IKAN PADA MATI

Related posts
Your comment?
Leave a Reply