5:51 pm - Thursday June 29, 2017

Selama 2016 DBD di Kudus Mencapai 701 Kasus 28 Orang Meninggal

333 Viewed suarakudusfm88 Comments Off on Selama 2016 DBD di Kudus Mencapai 701 Kasus 28 Orang Meninggal

dbdKudus, Radiosuarakudus.com – Peralihan musim seperti  sekarang ini apalagi ditambah dengan cuaca ekstrim yang sulit ditebak, membuat penyebaran penyakit DBD yang disebabkan oleh nyamuk Aides Aigepty semakin melonjak.

Dari data di Dinas Kesehatan (DKK) kabupaten Kudus, sepanjang tahun 2016 sampai pertengahan September ini sudah terjadi 701 kasus dengan menelan korban jiwa 28 orang.

Menurut Kasi Pencegahan Penyakit Menular pada DKK Kudus, Subiyanto, Rabu 28 September 2016, dari Januari hingga September ini, jumlah kasus DBD terbanyak di bulan Pebruari yakni 157 kasus dan 4 orang meninggal dunia. Virus yang dibawa oleh nyamuk Aides Aigepty ini sampai saat ini masih belum ditemukan vaksin atau obatnya.

Dan yang cukup memprihatinkan lanjut Subiyanto, masih ada korban meninggal dunia akibat DBD ini. Dengan alasan terlambat mendapat pertolongan dari dokter, padahal banyak masyarakat yang keluarganya menderita DBD sudah berobat ke dokter dari awal.

Diakuinya, gejala dari penyakit DBD dan Typus memang ada perbedaan tipis, sehingga cek laborat  dibutuhkan untuk mengetahui jenis penyakit yang diderita. Dia menghimbau kepada masyarakat bila ada keluarganya menderita demam tidak turun dalam tiga hari maka harus berpikir itu adalah gejala DBD, sehingga harus segera dibawa ke dokter untuk segera diberikan pertolongan. Karena bila terlambat, maka akan fatal akibatnya.

Karena lanjut Subiyanto, korban DBD tidak mengenal usia dan wilayah tempat tinggalnya. Saat ini saja kata dia, wilayah atas yang notabene dulu tidak terjamah oleh nyamuk Aides Aigepty, namun kini sudah dijamah.

Bahkan kasus di wilayah atas juga sudah banyak terjadi. Subiyanto juga mengingatkan, agar selalu waspada pada bulan Oktober sampai Desember, bila kondisi cuaca masih seperti ini, maka dipastikan kasus DBD akan melonjak.  (Roy -RSK) 

Don't miss the stories followRadio Suara Kudus and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Pengendara Motor Ditabrak Mobil BPBD

Kedepan, Bos Pendamping SMA/SMK Dihapus dari APBD Kudus

Related posts
Comments are closed