Paskibra Kabupaten Kudus Sudah dipersiapkan

Kesiapan-Paskibra-e-1024x576Kudus, Radiosuarakudus.com – Menjelang upacara Hari Kemerdekaan 17 Agustus mendatang sudah dipersiapkan latihan bagi petugas pengibar bendera merah putih atau pengibar bendera (paskibra).

Ada 60 siswa terpilih dari SMA/SMK se Kabupaten Kudus, mengikuti pelatihan paskibra di halaman GOR Wergu Kudus. Menurut Kasi Sumberdaya Pemuda pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, Wage Sutrisno, yang akrab dipanggil WS sudah berjalan selama tiga minggu untuk mengikuti latihan tersebut.

Dikatakannya, seleksi sudah dilakukan sebelum puasa. Dan, terpilih 40 laki-laki dan 24 perempuan. Saat ini digojlok fisik dan mental dan materi-materi kedisiplinan. Sehingga, anggota paskibra semakin kuat dan bertanggung jawab atas tugasnya.

Dia menjelaskan, menginjak bulan Agustus latihan berganti di alun-alun Simpang Tujuh Kudus. Kemudian, satu minggu mendekati hari H ada pemantapan mental. Seleksi tidak hanya fisik, tapi juga dari segi akademis.

Latihan di halaman GOR dimulai pukul 07.30 hingga pukul 12.00 menggunakan seragam yang sudah disediakan dinas.
WS menambahkan, mulai seragam latihan hingga seragam latihan yang digunakan paskibra difasilitasi Disdikpora, termasuk sepatu.

Sementara itu, pelatih berasal dari anggota Kodim 0722/Kudus. WS mengakui, kedisiplinan menjadi modal utama menjadi bagian dari anggota Paskibra. Selain itu, siswa yang berhasil lolos maju ke Provinsi Jawa Tengah Paskibra hanya satu siswa perempuan dari SMA 1 Bae Kudus.

Untuk tahun ini belum bisa lolos ke tingkat nasional. Telah dikirim dua siswa laki-laki dan perempuan, yang lolos hanya perempuan. (Roy-RSK)

You may also like...

Comments are closed.