BUPATI BERIKAN PEMBINAAN BIDAN DESA

Pasien harus mendapatkan pelayanan yang terbaik, karena pelayanan yang diterima tersebut akan menjadi tolok ukur penilaian masyarakat terhadap kinerja pemerintah. Hal ini harus dipahami oleh jajaran tenaga kesehatan sebagai lini depan pelayanan pemerintah kepada masyarakat.
Demikian yang disampaikan oleh Bupati Kudus, H. Musthofa, kepada puluhan bidan dan tenaga kesehatan di aula puskesmas Jekulo pada acara pembinaan bidan desa dan tenaga kesehatan, Senin 25 Pebruari 2013. Sebagai bagian dari pemerintah daerah, seperti halnya SKPD yang lain, Puskesmas juga mempunyai tugas pokok dan fungsinya sendiri.
Yang membuatnya mempunyai nilai tersendiri adalah karena SKPD tersebut mempunyai peran strategis untuk ikut menunjang kesuksesan pelaksanaan visi misi Bupati di bidang kesehatan. Maka nilai strategis tersebutlah yang harus dipahami betul oleh setiap jajaran yang berada di Dinas Kesehatan, termasuk jajaran di Puskesmas.
Lebih lanjut dijelaskannya, bahwa pelayanan tidak selalu harus berkonotasi dengan peralatan yang mumpuni maupun tenaga yang spesialis. Kadangkala hal-hal detil yang sederhana malah justru sering dilupakan. Sebagai contoh adalah kebersihan ruangan, ketersediaan informasi, dan lain-lain”, katanya.
Hal-hal tersebut mungkin bukan merupakan hal yang utama, namun dapat mempengaruhi penilaian masyarakat atas pelayanan yang diterimanya. Bupati juga mengingatkan, jangan sampai melupakan untuk selalu bersikap ramah kepada pasien. Jika kita mau dan ikhlas untuk ramah dan tersenyum, maka pasien sudah merasa membaik separah apapun kondisinya, karena senyuman kita adalah sebagian obat untuk kesembuhan mereka.
Tak lupa, dirinya juga memberikan motivasi kepada yang hadir untuk terus mengembangkan potensi diri. Bupati juga menghimbau agar jangan ragu untuk selalu berkompetisi secara positif dan menunjukkan kinerja terbaik. (Roy RSK)

You may also like...

Tinggalkan Balasan