Bupati Kudus lantik 116 kepala desa yang baru

Radiosuarakudus.com – Senyum cerah mengembang di wajah 116 orang calon kepala desa. Hari ini menjadi hari yang sangat bersejarah bagi mereka. Pasalnya, pagi ini mereka dilantik menjadi kepala desa definitif oleh Bupati Kudus, H. Musthofa, secara langsung di pendopo kabupaten (17/12)
Pelantikan secara langsung dan bersamaan inipun disebutkan oleh bupati Kudus sebagai bagian dari pelaksanaan pilkades secara serentak yang telah digelar pada 24 november lalu. “Banyak pihak yang awalnya meragukan terselenggaranya pilkades serentak tersebut. Namun, toh akhirnya dapat berjalan dengan baik. Saya ucapkan terimakasih kepada jajaran kepolisian, pemerintah desa dan kecamatan, dan semua pihak yang telah membantu suksesnya penyelenggaraan pilkades tersebut”, katanya.
Lebih lanjut disampaikannya bahwa dengan berakhirnya momen pilkades, maka sudah seharusnya rivalitas yang pernah ada pun ditinggalkan. “Mari belajar dewasa dalam berpolitik. Kepada yang saat ini dilantik, jangan pernah punya dendam. Dan bagi yang kalah, jangan kemudian mencari-cari kesalahan. Semua harus tunduk kepada hasil pilihan masyarakat”. Dirinya pun menggaris bawahi bahwa penyematan tanda kepangkatan olehnya tersebut merupakan bagian dari melekatnya amanat masyarakat dipundak mereka. 
“Saya harapkan, setelah pelantikan ini Kepala Desa yang baru segera saja bekerja dengan sebaik-baiknya. Jangan lupakan prinsip 4T dalam bekerja, yaitu tepat aturan, tertib administrasi, tepat sasaran, dan tepat manfaat. Jangan sampai seorang kepala desa menandatangani berkas tanpa dibaca lebih dahulu. Kalau ragu, segera saja konsultasikan dengan jajaran diatasnya” jelasnya.
Terkait hal tersebut, secara khusus dirinya meminta agar nantinya para kepala desa yang baru untuk bisa ikut diklat yang diadakan secara khusus. “Hal ini berangkat dari keprihatinan saya akan banyaknya kepala desa yang terjerat kasus hukum akibat ketidakpahaman tentang aturan yang berlaku. Maka diklat tersebut sebagai wahana para kepala desa untuk lebih mengerti dan memahami segala aturan tentang penyelenggaraan pemerintahan desa”.
Pelantikan kepala desa secara serentak ini, ditandai dengan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah yang dilakukan secara simbolis oleh kepala desa termuda, yaitu Joni Awang Ristihadi dari Colo dan kepala desa tertua, Kaharyudi dari Kirig. Sementara serah terima jabatan secara simbolis dilakukan oleh kepala desa Dersalam, antara Petrus Joko Lelono kepada Satya Gunawan Wahib Wahab.

You may also like...

Tinggalkan Balasan