Expo UMKM Akan Semarakkan Ampyang Maulid Nabi di Desa Loram Kulon

Kudus, Radiosuarakudus.com- Menyambut Maulid Nabi Muhammad SWT, Desa Loram Kulon Kecamatan Jati akan menggelar tradisi Kirab Maulid Ampyang dan sebelumnya diadakan kegiatan expo yang diikuti usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang ada di desa tersebut.

Hal ini disampaikan Ketua Panitia expo dan kirab Maulid Ampyang, Anis Aminuddin, Kamis 23 Nopember 2017. Dikatakannya, sudah menjadi budaya Desa Loram Kulon dan masyarakat, baik Kudus maupun luar kota mengetahui bila ada tradisi unik menyambut hari lahirnya Nabi Muhammad.

Dikatakan oleh Anis, panitia sudah merancang acara kegiatan dari mulai expo yang rencananya pembukaan pada Sabtu, 25 Nopember 2017 di halaman Balai Desa Loram Kulon sekitar pukul 15.00. Nantinya, selama expo kurang lebih satu minggu, tiap hari diisi pentas seni dari lembaga pendidikan, komunitas dan pondok pesantren.

Dia menambahkan, panitia juga mengundang musik gambus dari Jepara saat pembukaan expo. Selain itu, disediakan 121 stan dan juga memberikan ruang di luar, serta tenda khusus untuk pedagang kaki lima (PKL).

Anis juga menyampaikan, Desa Wisata Loram Kulon tahun ini berhasil meraih juara I lomba kelompok sadar wisatas (Pokdawis) tingkat Jawa Tengah. Salah satunya nguri-uri budaya Jawa yang masih lestari hingga saat ini.

Dijelaskannya,  selain ada tradisi pengantin mengelilingi gapura Masjid Wali juga Kirab Maulid Ampyang, yang nantinya akan diikuti 500 peserta dari unsur Mushola desa, lembaga pendidikan, organisasi masyarakat dan lainnya. Dia berharap, desa Рdesa yang ada wilayah Kecamatan Jati bisa ikut dan berpartisipasi dalam kirab. (Roy Kusuma РRSK)

 

About

You may also like...

Comments are closed.