Guiru TK berperan penting dalam usia emas pertumbuhan anak

Kudus – Usia emas anak-anak adalah pada usia sekitar 3-5 tahun. Pada usia tersebutlah anak-anak mengalami masa penting dalam pertumbuhannya. Untuk itu, tugas seorang guru di usia tersebut adalah tidak main-main karena ikut menentukan masa depan sang anak nantinya. Maka, Bupati Kudus, H. Musthofa menghimbau agar para guru TK memahami perannya dengan baik, sehingga kualitas pendidikan yang diberikan benar-benar sesuai, tepat dan bermanfaat bagi anak-anak didiknya.
Himbauan ini disampaikan bupati pada saat menghadiri acara Pelantikan Pengurus Ikatan Guru TK Indonesia (IGTKI-PGRI) Kecamatan masa bhakti 2013-2018 se-kabupaten Kudus di pendopo kabupaten pagi ini (15/3). Dirinya menyebutkan bahwa suskesnya program wajib belajar 12 tahun, tak lepas dari peran serta guru-guru TK. “Guru TK berperan dalam meletakkan dasar yang sangat strategis bagi jenjang pendidikan berikutnya,” katanya.
Senada dengan hal tersebut, Kepala Dinas Dikpora kab. Kudus, Drs. Sudjatmiko, M.Pd, mengatakan bahwa ada wacana pemerintah pusat untuk lebih memperhatikan pendidikan anak usia dini, mengingat betapa strategisnya pendidikan di usia emas anak tersebut. “Di Kudus, kita sudah memulai jauh-jauh hari, dengan keberadaan program wajib belajar 12 tahun, yang juga mencakup pendidikan anak di usia dini,” terangnya. Sekarang, menurutnya, tinggal bagaimana mempertajam sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah, sehingga kualitas pendidikan anak usia dini lebih maju lagi.
Organisasi yang mempunyai jumlah anggota sebanyak 1047 orang ini saat ini telah mempunyai pengurus baru. Sebanyak 9 orang dilantik sebagai pengurus IGTKI-PGRI yang baru mewakili 9 kecamatan yang ada di Kudus. Pelantikan tersebut dilakukan oleh Ketua IGTKI-PGRI Kab. Kudus, Dra.Hj. Afifah. Seusai pelantikan, dirinya meminta agar para pengurus baru tersebut mampu melaksanakan tugas dengan baik, mengemban tanggung jawab dan amanah sebagai bagian dari tugas mulia karena ikut serta dalam usaha untuk mencerdaskan bangsa.

You may also like...

Tinggalkan Balasan