KUALITAS OBAT GENERIK SAMA DENGAN OBAT KEMASAN

Kualitas obat generik sama dengan obat kemasan dan bermerk produksi pabrikan. Yang membedakan, hanya pada bungkusnya saja. Hal itu ditegaskan Kabid Sumber Daya Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Rudy Hermawan, Kamis 20 September 2012. Ditandaskannya, masyarakat tidak perlu ragu, karena obat – obatan tersebut berkualitas bagus dengan harga terjangkau.

Selama ini kata dia, Puskesmas serta rumah sakit milik pemerintah memakai obat generik. Dijelaskannya, produk obat – obatan generik tersebut sebelumnya sudah melalui hasil laborat dari Badan POM nasional. Bahkan untuk pengadaan obat generik didaerah, pihaknya juga mengambil sample dari produsen obat tersebut, lalu dilakukan tes laborat ke Balai POM Semarang.

Ditambahkannya, obat – obatan generik yang ada di puskesmas yang sering kali diberikan kepada pasien adalah antibiotik, anti nyeri serta anti pretik. Dari total 237. 440 resep obat generik yang ada di RSUD Kudus dan RS. Kartika, sebanyak 141.653 resep telah ditulis. (Roy RSK)

You may also like...

Tinggalkan Balasan