MGMP BAHASA INDONESIA GELAR LOMBA PUISI DAN CERPEN

Kudus – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Kudus menggelar lomba menulis cerpen dan baca puisi yang diadakan di SMP 1 Mejobo Kudus. Lomba ini sebagai wujud untuk persiapan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLSSN). Menurut Aswatono, Pengawas SMP Kabupaten Kudus dalam kegiatan tersebut bisa melatih kesadaran siswa tentang pentingnya puisi dan cerpen sebagai sarana estetika dalam buah pikiran dan perasaan. Dijelaskannya, dalam lomba ini total ada 68 peserta yang terdiri 35 untuk lomba cerpen dan 33 peserta lomba baca puisi dari siswa SMP kelas VII dan VIII.
Sementara, Sutarman, Koordinator MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Kudus mengatakan kegiatan ini sebenarnya untuk meningkatkan kecitraan terhadap sastra dan Bahasa Indonesia sebagai sarana membangun karakter dan sikap kompetitif dari siswa. Dijelaskan oleh Sutarman, dari pengalaman saat Ujian Nasional (UN) menganggap Bahasa Indonesia mudah tapi ternyata nilai yang didapat dibawah standar. Sering kali Bahasa Indonesia menjadi momok dalam Unas, dan sebetulnya itu bisa dihindari.
Maka, dengan adanya perlombaan ini lebih dikenalkan lagi bagi siswa mengenai Bahasa Indonesia dan mengenalkan kosakata yang baik dan benar. Selain itu, menanamkan dan membina apresiasi siswa terhadap nilai-nilai bidaya yang hidup dalam masyarakat.Sutarman menambahkan perlombaan ini ditentukan temanya yakni pembentukan dan penguatan karakter anak bangsa melalui penghayatan nilai-nilai bidaya yang hidup di tengah-tengah masyarakat. Nilai budaya inilah yang mulai pudar dikalangan generasi muda.Selain itu, dari MGMP juga memberikan kesempatan para guru bahasa Indonesia untuk membuat puisi dan cerpen yang nantinya akan dijadikan sebuah buku. Sehingga guru tidak terpaku dengan teori saja tapi juga bisa praktik. (Roy RSK)

You may also like...

Tinggalkan Balasan