NAMA YANG ANEH DALAM DATA KEPENDUDUKAN AKAN DIHAPUS

Dalam DP 4 untuk para calon pemilih dalam pilgub dan pilbub mendatang, bila terdapat nama yang aneh dan mencurigakan akan segera dihapus. Meski sempat bercokol nama aneh dalam DP 4 yang diserahkan kepada KPU Kudus beberapa waktu lalu, namun pihak Disdukcapil telah melakukan penghapusan.
Kasi Perkembangan Penduduk pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus, Agus Sumarsono, Kamis 31 Januari 2013 mengakui kondisi ini karena keterbatasan tenaga. Selain itu, paling tidak harus ada koordinasi antar institusi terkait.
Dijelaskannya, data orang meninggal yang masih tercantum, ini terjadi karena selama ini pihaknya masih menggunakan stelsel aktif. Yaitu, mengandalkan laporan dari keluarga maupun pihak desa.
Ditambahkannya, data yang diserahkan ke KPU Kudus tersebut adalah data yang terakhir diambil pada tanggal 8 Oktober 2012 lalu.
Data tersebut memang adalah data mentah dan memang masih membutuhkan koreksi lagi. Ditegaskannya, kasus seperti ini tidak hanya terjadi di Kudus saja, tapi menyeluruh di kabupaten / kota.
Dan Kudus di Jawa Tengah termasuk relatif bagus. Selama ini kata Agus, setiap bulan selalu dilakukan koreksi ke desa – desa. Dari semuanya itu memang tergantung dari tiap – tiap desa dalam melakukan laporannya. (Roy RSK)

You may also like...

Tinggalkan Balasan