Pariwisata Jogjakarta Road Show di Kudus

Radiosuarakudus.com – Rombongan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata empat kabupaten serta kota di Jogjakarta menggelar dialog travel bersama beberapa kepala sekolah mulai tingkatan SD, SMP hingga SMA di Kudus. Kegiatan tersebut sebagai upaya pengenalan potensi wisata dan pendidikan yang ada di Jogjakarta di Kudus.

Hal ini dijelaskan oleh Kabid Pemasaran Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Sleman, Nurhadiyati, Kamis 13 Pebruari 2014 saat ditemui di aula Dekopinda dalam Travel Dialog. Kedatangan ke Kudus memberikan paparan terkait wisata dan pendidikan Di Jogjakarta, yang kebanyakan orang belum pernah mengunjunginya.

Dijelaskannya, ini merupakan kegiatan rutin, satu tahun bisa empat kali dengan keliling seluruh wilayah Indonesia yang memiliki potensi untuk berwisata ke Jogjakarta. Selain itu juga, mengenalkan Java Promo dari DIY dan Jawa Tengah.

Dia menjelaskan Java Promo tersebut merupakan ajang promosi masing-masing kabupaten atau kota yang ada di wilayah DIY dan Jawa Tengah. Beberapa kabupaten atau kota yang sudah bergabung Java Promo diantaranya Kabupate Banjarnegara, Kota Magelang, Kabupaten Magelang, Solo, dan Semarang.

Sudah ada 15 kabupaten atau kota yang sudah bergabung dan mempromosikan wilayahnya. Untuk Kabupaten Kudus sementara ini belum ikut bergabung, maka dengan kegiatan dialog travel ini sekaligus mengajak Kudus ikut bergabung di Java Promo.

Ada beberapa wilayah yang dipaparkan dalam dialog tersebut diantaranya wisata yang ada di Kabupaten Kulon Progo dan Gunung Kidul. Selain itu tempat-tempat wisata lainnya seperti Desa Wisata Pentingsari Sleman, Museum (Dirgantara dan Van de Berg), rumah makan/resto, candi, sekolah tinggi pariwisata AMTA dan sekolah pelayaran San Marino.

Ditempat yang sama, Kabid Pariwisata, Sancaka Dwi Supani mengatakan wisata Kudus juga sudah melakukan yang sama tapi belum sampai road show, rencana kedepan kalau sudah bergabung di Java Promo akan melakukan hal serupa.

Pihaknya juga sudah melakukan kerjasama dengan Solo, menyebarkan riflet dan menyampaikan pemaparan wisata Kudus dengan asosiasi travel seluruh Indonesia, Persatuan Hotel dan Rumah Makan Indonesia (PHRI) dan himpunan pramuwisata cabang Solo, dan hasilnya mereka beberapa waktu lalu berkunjung ke Kudus. (Roy Kusuma)

You may also like...

Tinggalkan Balasan