Pemkab Kudus terima bantuan untuk korban bencana

Radiosuarakudus.com – Bencana banjir yang terjadi di Kudus selama seminggu terakhir menyedot perhatian dari berbagai pihak. Kamis, 30 Januari 2013 bupati kudus Musthofa menerima bantuan untuk korban banjir di Kudus dari berbagai komponen masyarakat. Pasalnya banjir di Kudus tidak hanya merendam rumah-rumah warga tapi juga sempat melumpuhkan akses transportasi di jalur pantura.
Meski banjir sudah mulai surut, namun korban banjir di Kudus masih bertahan di beberapa posko pengungsian karena rumah warga masih terendam air dengan ketinggian yang berbeda. Warga yang masih tinggal di pengungsian sangat membutuhkan dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. SCTV melalui Pundi Amal SCTV menyerahkan bantuan berupa mie instan, air mineral, susu dan kebutuhan pokok lainnya kepada korban banjir di Kudus melalui Pemkab Kudus.
Bupati Mustofa menyambut hangat bantuan yang diberikan oleh SCTV kepada korban banjir di Kudus. “Pemkab Kudus sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Pundi Amal SCTV dan akan menyalurkan bantuan dari SCTV maupun instansi lain kepada mereka yang berhak yakni korban banjir di pengungsian”, tutur Bupati Musthofa usai menerima bantuan. Bantuan tersebut langsung didistribusikan ke titik-titik pengungsian yang tersebar di sembilan kecamatan di Kudus.
Selain menerima bantuan dari Pundi Amal SCTV, pemkab Kudus juga menerima bantuan dari Forum UKM Unnes pada hari yang sama. Bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian mahasiswa Unnes terhadap bencana banjir dan tanah longsor di Kudus. Bantuan berupa bahan kebutuhan pokok dan pakaian diserahkan secara langsung oleh perwakilan mahasiswa Unnes kepada Bupati Kudus di depan pendopo Kabupaten.
Pada hari ini juga, ada kunjungan dari Menkokesra Agung Laksono yang meninjau korban Banjir di Kabupaten Kudus, Demak dan Jepara. Selain itu pihak Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat juga menyalurkan beberapa bantuan kepada Pemkab Kudus, Demak dan Jepara. Bantuan berupa kebutuhan bahan pokok, obat-obatan, matras, selimut dan uang tunai senilai 100 juta. Bantuan tersebut diterima kemarin (Rabu, 29/1/2014) oleh Bupati Kudus, Demak dan Jepara di Pendopo Kabupaten Kudus.
Selama ini, pemkab Kudus terutama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus telah mendapatkan bantuan dari berbagai komponen masyarakat dalam menangani bencana banjir dan tanah longsor di Kudus. Bantuan yang diterima tidak hanya berupa barang-barang tapi juga tenaga. Setidaknya terdapat 14 lembaga dan sejumlah relawan yang telah turut membantu BPBD dalam menangani bencana banjir di Kudus.
Sementara itu Ketua Pelaksana BPBD Kudus Drs. Jumadi, MM mengaku sangat terbantu dengan bantuan yang datang dari berbagai pihak. “Kamis sangat berterima kasih, karena warga Kudus yang masih tinggal di pengungsian mendapatkan bantuan dari berbagai komponen masyarakat sehingga kebutuhan mereka dapat terpenuhi”, ujar Jumadi.
Jumadi mengaku proses distribusi bantuan kepada korban banjir maupun tanah longsor berjalan lancar. Dalam proses penyaluran bantuan, BPBD bekerjasama dengan masing-masing koordinator bencana di Kecamatan untuk mendata segala kebutuhan warga di tiap desa agar segera disalurkan ke masing-masing desa yang terkena bencana. Sehingga bisa dipastikan bahwa bantuan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan warga dan tepat sasaran. (Humas)

You may also like...

Tinggalkan Balasan