RSBI DIHAPUS, MASIH MENUNGGU KEMENDIKBUD

Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengabulkan permohonan uji materi Pasal 50 ayat 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang mengatur status Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).
Dengan begitu, MK memutuskan RSBI harus dihapuskan. MK menyatakan, pendidikan harus menanamkan jiwa dan jati diri bangsa. Penggunaan bahasa asing sebagai bahasa pengantar pada RSBI dan SBI akan menjauhkan pendidikan nasional dari akar budaya dan jiwa bangsa Indonesia.
Menurut MK, output pendidikan yang harus menghasilkan siswa-siswa memiliki kemampuan untuk bersaing dalam dunia global dan memiliki kemampuan berbahasa asing. Tidak harus diberi label berstandar internasional, di samping tidak adanya standar internasional yang menjadi rujukan.
Belum lagi, dengan adanya pembedaan antara sekolah SBI / RSBI dengan sekolah non-SBI / RSBI, baik dalam hal sarana dan prasarana, pembiayaan maupun outputpendidikan, akan melahirkan perlakuan berbeda antara kedua sekolah tersebut. Termasuk perbedaan perlakukan terhadap siswanya.
Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, Sujatmiko, Rabu 9 Januari 2013 mengatakan, pihaknya masih menunggu keputusan dari Kemendikbud terkait hal ini. Namun pihaknya tetap mengormati hasil putusan MK tersebut.
Sambil menunggu keputusan dari Kemendikbud, maka RSBI di Kudus tetap jalan terus. Rencananya, dalam minggu ini pihaknya akan ke Kemendikbud untuk mendapatkan hasil keputusan tersebut terkait lanjutan dari nasib sekolah RSBI.
Sementara itu, Kepala SMP 1 RSBI Kudus, Oky Sudarto juga mengatakan hal yang senada. Pihaknya siap apa yang menjadi putusan MK tersebut.
Termasuk nasib kedepannya, pihaknya sudah memiliki banyak alternatif untuk sekolahnya ini. Apakah menjadi sekolah unggulan atau sekolah berwawasan risert dan lain – lain.
Namun sampai kini, hal itu masih belum diputuskan, karena masih menunggu hasil keputusan dari Kemendikbud.
 Di Kudus untuk SMP ada dua sekolah RSBI, yakni SMP 1 Kudus dan SMP 2 Kudus. Sedangkan untuk SMA juga ada dua sekolah RSBI, yakni SMA 1 Kudus dan SMA 1 Bae.    

You may also like...

Tinggalkan Balasan