SISWA MA IBTIDAUL FALAH SAMIREJO MELAKUKAN PEMILU OSIS

Kudus – Sekolah – sekolah tingkat SMP/MTs dan SMA/MA di Kudus, sekarang ini mulai memperkenalkan sistem Pemilihan Umum (Pemilu) dalam pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) kepada para siswanya. Apalagi tahun 2014 mendatang akan berlangsung pemilu legislatif dan pemilu presiden.
Seperti yang dilakukan para siswa MA NU Ibtidaul Falah di Desa Samirejo Kecamatan Dawe. Para siswa yang jumlahnya sekitar 510 siswa dari kelas X hingga XII menggunaka hak suaranya untuk memilih calon ketua OSIS.
Menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Yasin Fatah, Senin 28 Oktober 2013, panitia pemilihan OSIS yang juga dari kalangan siswa menyediakan tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan dua bilik dimasing-masing TPS. Siswa memasukukan hasil pilihannya pada salah satu tong suara yang telah dipersipkan. Setelah itu mencelupkan salah satu jari ke dalam tinta sebagai tanda kalau sudah melakukan pemilihan. Dia menambahkan ada delapan calon ketua OSIS, yakni empat calon laki-laki dipilih sebagai ketua dan empat calon perempuan dipilih sebagai wakil ketua. Kegiatan ini sudah dua tahun berjalan.
Sementara itu, kegiatan tersebut dalam memilih ketua Osis secara teransparan dan juga mendidik siswa terkait tata cara Pemilu ketika mereka sudah menjadi bagian dari warga masyarakat. Sebagian siswa terutama kelas XII sudah mendapatkan hak suaranya saat Pemilu tahun depan.

You may also like...

Tinggalkan Balasan