SISWA MAN 2 BIKIN NOVEL TENTANG TEMBAKAU

SISWA MAN 2 BIKIN NOVEL TENTANG TEMBAKAU
Ilustrasi Menulis Novel

Tembu yang merupakan judul novel karya Alifanis Fui, seorang siswi MAN 2 Kudus, barangkali merupakan novel pertama asli Kudus yang mengangkat topik rokok / kretek, sekaligus yang memaparkan fenomena pro dan kontra secara tidak memihak.

Dalam novel ini, dapat memastikan itu karena tokoh utamanya bukanlah manusia, melainkan tumbuhan yang kemudian menjadi sebatang rokok.

Bagaimana tumbuhan itu, dengan naïf, melihat fakta dirinya yang menjadi kontroversi oleh manusia, melihat fakta dirinya yang menjadi kontroversi oleh manusia.

Polmeik rokok mencakup banyak isu, dari su kesehatan, isu rokok putih versus kretek, isu tembakau impor versus tembakau local, hingga isu pabrik rokok besr versus pabrikan kecil. Isu kesehatan sebagai isu paling memasyarakat, dinilai berbagai pihak, proporsinya telah berlebih hingga melebar ke ruang isu lain yang bukan kesehatan.

Menurut Alifanis Fui usai launching novel “TEMBU” di operasional room MAN 2 Kudus, dirinya mencoba menunjukkan kepada masyarakat, bagaimana pro – kontra tersebut, terutama isu kesehatan secara proprsional.

Dirinya tidak mengajak untuk berpihak ke kubu yang mana, dan novelnya ini menyamapikana informasi apa adanya.

You may also like...

Tinggalkan Balasan