Siswa Panti Sosial Tuna Netra “Pendowo” Ikuti PKL Memijat

Kudus, Radiosuarakudus.com- Sebanyak 11 orang yang telah mendapatkan pendidikan dan pelatihan ketrampilan di Panti Sosial Tuna Netra “Pendowo” Desa Mlatilor Kecamatan Kota, Selasa 14 Nopember 2017, mengikuti PKL pijat (message) ke beberapa kantor dikomplek perkantoran . Mereka memberikan praktek memijat gratis kepada para pegawai. Selesai dipijit, pasien diminta untuk mengisi buku terkait praktek yang mereka lakukan.

Seperti halnya di kantor Dinas Perdagangan, beberapa pegawai mendapatkan pijat gratis dari 6 orang tuna netra yang tengah PKL itu. Agus Kurniawan (25 tahun) salah satu peserta PKL yang juga warga Kabupaten Kendal mengatakan, PKL ini berlangsung selama 1 bulan. Dua minggu pertama mereka PKL diluar dan dua minggu kedua praktek didalam. Agus yang sudah belajar di Panti Sosial Tuna Netra “Pendowo” selama lima tahun ini mengaku, selain mendapatkan pembelajaran membaca dengan huruf braille, juga mendapatkan ketrampilan membuat keset dari kain perca, bermain musik serta paling diprioritaskan adalah belajar memijat.

Sumardi (36 tahun) peserta PKL lainnya yang berasal dari Desa Jepang Kecamatan Mejobo Kudus mengatakan, PKL ini mulai berjalan dari tanggal 1 – 30 Nopember. Setelah itu, pada tanggal 28 Desember mendatang kata dia, akan diadakan acara purna bina. Dimana peserta PKL ini akan diserahkan kepada masing – masing keluarganya. Sumardi yang mengaku sudah tiga tahun belajar di panti sosial tuna netra ini, berencana akan membuka usaha pijat dirumahnya.

Hal yang sama diungkapkan Agus Kurniawan, bahwa usai menempuh pembelajaran dan pelatihan ketrampilan ini, akan pulang ke Kendal. Agus juga berencana membuka usaha pijat dirumahnya. Harapannya, usaha pijat yang akan dirintisnya ini nantinya, mampu untuk mencukupi kebutuhan sehari – hari. (Roy Kusuma – RSK)

About

You may also like...

Comments are closed.