SMA 1 KUDUS IKUTI OLYMPIADE INTERNATIONAL

Kudus – Wajah bangga tampak menyelimuti para siswa dan guru SMA 1 Kudus, saat bertemu Bupati Kudus, H. Musthofa di ruang kerjanya pagi ini (13/11). Pasalnya, mereka hadir untuk berpamitan sekaligus mohon dukungan atas keberangkatan beberapa siswanya yang akan mengikuti olympiade sains tingkat nasional dan internasional.
Dalam sambutannya, bupati Kudus menyatakan rasa bangganya akan prestasi yang sudah dihasilkan oleh mereka. “Menjadi juara di tingkat nasional adalah suatu kebanggaan tersendiri, lebih lebih bisa menjadi yang terbaik untuk tingkat internasional. Tidak hanya nama Kudus saja yang akan kalian bawa, tapi juga rasa bangga menjadi bangsa Indonesia akan terasa manakala kalian sukses menjadi jawara,” kata bupati. Untuk
itu dirinya berharap agar para siswa tersebut mampu menampilkan usaha yang terbaik. “Jangan setengah-setengah, jangan juga merasa grogi, kalian mempunyai kemampuan yang tidak kalah dengan para peserta lain.”
Dalam kesempatan tersebut, Kepala Sekolah SMA 1 Kudus, Drs. Su’ad, MPd, memperkenalkan kepada bupati Kudus, satu persatu siswanya yang akan berangkat mengikuti lomba. Di antaranya adalah Safira Candra Asih dan M. Ridho Tholabi yang akan mengikuti ajang AFSC (APEC Future Scientist Competitions) di Korea Selatan. Safira membawa hasil penelitiannya yang berupa pembuatan alat pengering untuk mengurangi kadar gula pada nasi sebagai konsumsi bagi penderita diabetes. Sedangkan M. Ridho Tholabi membawa penelitiannya berupa pembuatan alat sistem pintu rel kereta api bebas tanpa penjaga.
Selain itu, ada Tsaniya Rizqina yang akan mengikuti ajang Peneliti Belia tingkat Internasional APCYS di Lombok Mataram pada bulan April nanti. Sedangkan untuk lomba Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) di Jakarta akan diikuti oleh lima tim beranggotakan dua orang, yang masing-masing akan fokus di subject Kimia, Biologi, Lingkungan, dan komputer.
Adapula ajang Olimpiade Farmasi Nasional (OLFAR) yang akan diikuti oleh enam orang siswa di pertengahan februari ini di UNAIR Surabaya. Dan yang terakhir adalah Tifani Diahnisa Hardianti siswa XI IPA 5 yang berhasil lolos seleksi nasional untuk program pertukaran pelajar (Kennedy Lugar Youth Exchange and Study) di Amerika pada bulan Agustus nanti. (Erwin Humas)

You may also like...

Tinggalkan Balasan