SNMPTN 2014 Disosialisasikan

SNMPTN 2014

Radiosuarakudus.com – Pendaftaran masuk perguruan tinggi negeri (PTN) lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 sudah dimulai dan Senin 17 Pebruari 2014 dilakukan sosialisasi SNMPTN oleh IAIN Wali Songo Semarang diaula SMA 1 Kudus.

Tim Sosialisasi SNMPTN yang juga Kepala Humas IAIN Wali Songo, Sirojudin Munir mengatakan pihaknya ditunjuk dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk melakukan sosialisasi.

Dikatakannya, pihaknya mendapatkan wewenang sosialisasi di wilayah Panturan Timur yakni Kudus, Rembang, Pati dan Blora. Sementara untuk penyelenggaraan SNMPTN di Jawa Tengah ada empat PTN yakni Unnes, Undip, IAIN Wali Songo, dan UNS Solo.

Sosialisasi tersebut dihadiri kepala sekolah atau guru dari sekolah SMA, SMK dan MA dari Kabupaten Kudus dan Kabupaten Jepara. Jumlah peserta yang hadir sekitar 170 orang.

SNMPTN ini, menyasar siswa yang akan mengikuti Ujian Nasional (Unas) tingkat SMA, SMK dan MA baik negeri maupun swasta. Munir mengatakan masuk PTN sebenarnya ada tiga sistem yakni lewat jalur SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri.

Sedangkan untuk saat ini dibuka jalur SNMPTN, proses pendaftaran non tertulis yakni menggunakan nilai rapor dari kelas X mulai dari semester I hingga semester VI. Seleksi ini tanpa ada pungutan biaya pendaftaran karena sudah ditanggung pemerintah.

Untuk kuota penerimaan calon mahasiswa baru dari jalur SNMPTN minimal 50 persen, meski terkadang ada PTN yang menentukan kuota penerimaan lebih dari 50 persen.

Dia juga menerangkan syarat utama memang nilai rapor tapi hasil Unas juga sebagai penentu dan harus lulus.

You may also like...

Tinggalkan Balasan