STOK GULA DAN BERAS MENCUKUPI

Dalam rapat Ekuinda pada Hari Kamis pekan lalu, stok bahan sembako khususnya beras dan gula mencukupi untuk memenuhi masyarakat Kudus.Menurut Kasi Perdagangan Dalam Negeri pada Dinas Perdagangan dan Pengeloaan Pasar Kabupaten Kudus, Sofyan Dhuri, Senin 17 September 2012, stok beras dan gula di Kudus mencukupi untuk memenuhi masyarakat selama tiga bulan mendatang.

Dijelaskannya, stok gula di gudang PG Rendeng tersedia 95. 998 kuintal. Gula milik pedagang sebanyak 41. 036 kuintal yang ada di gudang. Rata – rata produksi per hari di PG Rendeng adalah antara 1.600 – 2.000 kuintal gula. Sedangkan kapasitas produksi adalah 24. 500 kuintal per hari.

Diperkirakan, awal Oktober merupakan akhir dari masa giling tebu di PG Rendeng. Sementara untuk stok padi sendiri kata Sofyan, rata-rata di tempat penggilingan padi tersedia 20 ton beras. Untuk harga ditingkat pengepul beras, saat ini harganya mencapai Rp. 7.000 per kg. Harga ini termasuk tinggi untuk kelas medium, karena dipasaran mencapai Rp. 7.500 per kg.

Ditambahkan oleh Sofyan, untuk gabah kering panen (GKP) mengalami penyusutan 45 – 50%. Sedangkan untuk gabah kering giling (GKG) mengalami penyusutan antara 35 – 40%.

You may also like...

Tinggalkan Balasan