Sumur Gali Milik Warga, Diberikan Desinfektan

SUMUR GALI MILIK WARGA, DIBERIKAN DESINFEKTAN

Jati Wetan, Radiosuarakudus.com – Banjir yang melanda Kudus beberapa waktu lalu, memang masih menyisakan persoalan khususnya adalah masalah sanitasi bagi masyarakat yang menjadi korban. Terlebih adalah sumur gali milik warga yang wilayahnya diterjang banjir besar.

Sementara itu Puskesmas Jati, sudah mendistribusikan desinfektan ke desa – desa yang menjadi korban banjir, yakni Desa Jati Wetan, Jati Kulon, Jetis Kapuan, Tanjungkarang serta Pasuruhan Lor. Menurut petugas sanitasi dari Puskesmas Jati, Slamet Haryanto, Selasa 18 Pebruari 2014, desinfektan tersebut sudah didistribusikan ke kantor desa yang menjadi korban banjir lalu.

Lalu pihaknya meminta kepada kepala desa dan perangkat, agar didistribusikan ke warga secara merata. Sebelumnya, kepala desa maupun perangkat desa diberikan tata cara pemakaian desinfektan tersebut. Untuk kaporit yang digunakan bagi sumur gali milik warga, masih mencukupi. Namun untuk desinfektan yang digunakan membersihkan lantai, diakuinya tidak mencukupi.

Ditambahkan oleh Slamet Haryanto, untuk pengawasan dilapangan, dirinya juga bekerjasama dengan bidan desa, sehingga untuk sumur gali milik warga yang belum diberi desinfektan jenis kaporit, dapat segera dilaporkan ke pihaknya untuk diberikan kaporit agar sumur tersebut dapat digunakan dengan kualitas air yang bersih.

Sementara itu, Budianto (34 tahun) warga Desa Tanjungkarang Rt. 03 Rw. 1 Kecamatan Jati mengatakan, sumur gali yang berada didepan rumahnya saat banjir bberapa waktu lalu memang sempat kemasukan air banjir.

Akibatnya, warna airnya berubah kebiruan. Meski dia mengaku, memiliki sumur bor, namun untuk sumur gali yang berada didepan rumahnya ini masih digunakan untuk mencuci, mandi bahkan untuk masak.

Dia senang, sumur galinya telah diberikan desinfektan, sehingga air sumurnya ini dapat dikonsumsi lagi dengan aman. (Roy Kusuma)

You may also like...

Tinggalkan Balasan