Tahun Ini Diharapkan Reakreditasi Puskesmas Dapat Naik Tingkat Seluruhnya

Kudus, Radiosuarakudus.com- Guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, tahun ini rencananya  14 puskesmas di Kudus akan menjalani reakreditasi. Ke empat belas puskesmas itu adalah puskesmas Rendeng, Dersalam, Kaliwungu, Purwosari, Jati, Undaan, Ngemplak, Ngembal Kulon, Mejobo, Jepang, Tanjungrejo, Dawe, Gondosari dan Bae.

Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus dr. Andini Aridewi mengatakan, puskesmas-puskesmas yang bakal menjalani reakreditasi tahun ini merupakan puskesmas yang sebelumnya telah terakreditasi dasar dan madya.

Disebutkannya, dari 19 puskesmas yang ada di Kudus, baru 4 puskesmas yang terakreditasi utama. Yakni puskesmas Sidorekso, Gribig, Jekulo dan Rejosari. Sementara 13 puskesmas diantaranya terakreditasi madya. Seperti puskesmas Kaliwungu, Purwosari, Jati, Undaan, Ngemplak, Ngembal Kulon, Mejobo, Jepang, Tanjungrejo, Dawe, Gondosari dan Bae. Sementara yang masih terakreditasi dasar  yakni puskesmas Rendeng dan Dersalam.

Dia juga berharap, kegiatan reakreditasi puskesmas tahun ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan mutu pelayanan yang ada. Bahkan dirinya berharap tahun ini puskesmas di Kudus ada yang memiliki akreditasi paripurna atau akreditasi tertinggi yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan.

Setidaknya kata dia, dalam reakreditasi ini masing – masing puskesmas dapat naik tingkat, yakni dari dasar ke madya, dai madya ke utama dan dari utama ke paripurna.

Terkait penilaian Komisi D DPRD Kudus pada Senin kemarin, tentang fungsi puskesmas di Kudus yang lebih menitikberatkan pada sisi kuratif., dr. Adini menolak pendapat itu.

Pasalnya, kegiatan preventif dan kuratif di masyarakat sudah menjadi ruh dari puskesmas. Dicontohkannya, seperti kegiatan posyandu balita – remaja – lansia, pos binaan terpadu, senam ibu hamil dan progam pengelolaan penyakit kronis. (Roy Kusuma – RSK)

 

About

You may also like...

Comments are closed.