TANGGUL LONGSOR DI DESA KESAMBI BELUM DIPERBAIKI

Tanggul di Kali Piji Desa Kesambi Kecamatan Mejobo memang sangat rawan jebol dan longsor. Ini terbukti pada Hari Selasa malam, 22 Januari 2013, tanggul yang masuk diwilayah Rt. 02 Rw. 1 jebol sepanjang 10 meter.

Salah seorang warga, Badri dari Rt. 01 Rw. 7 mengatakan, dia tidak mengira tanggul yang jebol dititik tersebut. Padahal, dari perkiraanya tanggul yang kemungkinan jebol ada disebelah agak selatan. Pasalnya, kondisi tanahnya sudah banyak yang longsor.

Diakuinya, saat memasuki musim penghujan, warga sekitar tanggul memang merasa was- was.
Apalagi ketika terjadi hujan deras dan debit air Kali Piji sudah berada sejajar dengan tanggul. Maka, masyarakat sekitar tanggul akan waspada penuh.

Ditambahkannya, tanah tanggul disekitar tanggul yang jebol kemarin, kondisinya juga sudah memprihatinkan. Sehingga kemungkinan akan jebol lagi, bisa juga terjadi.
Dia berharap, masalah ini dapat segera diatasi oleh pihak BPSDA ataupun yang berwenang lainnya, agar masyarakat tidak menjadi korban.

Salah seorang perangkat desa setempat, Sulikan mengatakan, diwilayah aliran Kali Piji terdapat tiga titik kecil longsoran tanggul sepanjang 5 meter. Dan itu terdapat di bagian bawah kaki jembatan didesanya.

Sementara ada satu titik longsoran tanggul sepanjang 15 meter yang berada dialiran Kali Piji 2 di Dukuh Kesambi Rt. 04 Rw. 4. Tanggul yang longsor itu terjadi pada akhir Bulan Desember tahun 2012 lalu.

Bila longsoran tanggul itu tidak segera diperbaiki lanjut Sulikan, jalan disamping tanggul itu akan tergerus dan jalan bisa jadi akan terputus. Tentunya warga sekitar akan terkena dampaknya termasuk SD 4 Kesambi.

You may also like...

Tinggalkan Balasan