Bayi Yang Dibuang Ibunya Masih Dirawat di RSUD Kudus

Kudus, Radiosuarakudus.com-  Sungguh malang nasib bayi tanpa dosa ini, berkelamin perempuan dan saat lahir diperkirakan berusia 26-27 minggu dibuang oleh ibunya. Bayi itu ditemukan warga pada Minggu (5/11/2023) sore pukul 15.23 WIB, di desa Bulungcangkring kecamatan Jekulo dibawah sebuah pohon. Bayi itu lalu ditolong oleh bidan desa setempat dan kemudian dilarikan ke RSUD dr. Loekmonohadi Kudus.

Menurut Direktur RSUD dr. Loekmonohadi Kudus, dr. Abdul Hakam mengatakan bayi itu diterima oleh pihak RSUD Kudus pada Minggu (5/11/2023) sekitar pukul 16.45 WIB. Dengan berat hanya 1,1 kg serta panjang 39 cm.

“Saat kami terima bayi tersebut dalam keadaan merintih dan beberapa luka lecet didada dan kaki yang kemungkinan karena proses persalinan dari ibu bayi malang itu. Bayi itu sudah kami tangani secara maksimal dan diberi terapi okygen, antibiotik, rongent dan salep mata. Bayi juga dalam keadaan apatis dan bila disentuh menangis. Secara laboratorium kondisinya baik,”terang dr. Hakam dalam keterangannya kepada para wartawan di RSUD dr. Loekmonohadi Kudus, Senin (6/11/2023).

Dia berharap ada perkembangan kesehatan yang baik dari bayi tersebut. Setiap hari dilakukan evaluasi. Karena kondisi bayi saat lahir sangat prematur maka ini berkaitan dengan kondisi keseluruhan dari organ tubuh si bayi itu. Saat ini bayi malang itu masih  dirawat diruang PICU/ICU.

“Kondisi paru – paru bayi juga masih sangat kecil sehingga kami berikan terapi oxygen tingkat tingga dan berharap ini mampu mengembangkan paru – paru bayi tersebut. Karena dengan kondisi paru – paru yang masih kecil tentu akan membuat bayi itu mengalami sesak nafas. Kita lihat saja perkembangan kesehatan bayi tersebut antara 4 – 6 hari lagi. Bila waktu tersebut terlewati, maka bayi dipastikan dapat dirawat oleh masyarakat,” ungkap dr. Hakam. (Roy Kusuma – RSK)

 

About

You may also like...

Comments are closed.