BPN Droping Air Bersih

BPN

Kudus, Radiosuarakudus.com РBadan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kudus, siap membantu mengatasi kekeringan di sejumlah daerah di Kudus yang mengalami kekeringan dengan mengirimkan air bersih. Rencananya, BPN Kudus menyiapkan anggaran untuk pengadaan air bersih hingga 24.000 liter.

Menurut Kepala Kantor Pertanahan (BPN) Kabupaten Kudus, Candra Genial, Jumat 19 September 2014, penyaluran air bersih yang sudah dijalankan, meliputi Desa Karangrowo Kecamatan Undaan, serta Desa Setrokalangan dan Desa Prambatan Kidul Kecamatan Kaliwungu.

Alokasi air bersih yang disiapkan, kata dia, bisa diangkut menggunakan truk tangki hingga enam kali dengan kapasitas 4.000 liter. Apabila masih ada warga yang membutuhkan air bersih, BPN siap membantu dengan melakukan droping air bersih. Ia berharap, bantuan tersebut bisa meringankan beban warga dalam mendapatkan air bersih pada musim kemarau seperti sekarang.

Sementara itu, Kepala Dusun Desa Prambatan Kidul, Endra mengungkapkan, debit sumur warganya sejak sepekan terakhir memang ada yang mulai berkurang secara bervariasi.

Dijelaskannya, kalaupun ada yang mengering, biasanya meminta tetangga terdekat yang sumurnya masih terdapat air yang cukup. Kesulitan air bersih yang terjadi di Desa Prambatan Kidul, belum terlalu parah, karena hanya terjadi secara spot-spot di wilayah Rukun Warga (RW) 1 dan 2 dengan jumlah rumah sekitar 80-an rumah.

Apabila musim kemaraunya berlangsung lama, kata dia, sumur warga yang mengering tentunya juga akan bertambah dan butuh suplai air bersih. Ia juga menyambut positif droping air bersih yang dilakukan BPN Kudus, karena memang ada warga yang sangat membutuhkan suplai air bersih untuk kebutuhan air minum dan memasak.

Salah satu warg Desa Prambatan Kidul, Sujino mengakui, debit air sumurnya sejak musim kemarau tiba memang berkurang dan disertai kemunculan cacing sehingga untuk memenuhi kebutuhan minum dan masak harus melalui proses sterilisasi terlebih dahulu.

You may also like...

Comments are closed.