Dinas Perdagangan Siap Berikan Keringanan Retribusi PKD

Kudus, Radiosuarakudus.com- Dinas Perdagangan Kudus, siap memberikan keringanan pembayaran retribusi pemakaian kekayaan daerah (PKD) atau sewa kios/los terhadap pedagang di pasar tradisional dengan syarat tidak memiliki tunggakan.

“Berdasarkan aturan, keringanan retribusi memang diperbolehkan dengan batasan maksimal 25 persen dari nilai retribusi,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Sudiharti, Sabtu (1/10/2022).

Ia mengungkapkan pengajuan keringanan tidak hanya terbatas untuk pedagang di Pasar Kliwon, melainkan pedagang di pasar tradisional lainnya juga bisa mengajukan.

Kabid Pengelolaan Pasar Albertus Harys Yunanta menambahkan bahwa keringanan diberikan untuk PKD 2022. Syaratnya harus tidak punya tunggakan PKD sebelumnya sehingga yang masih memiliki tunggakan sebelum tahun 2021 harus dilunasi terlebih dahulu.

Ia mencatat tunggakan PKD Pasar Kliwon berkisar Rp. 4 miliar, sedangkan total pedagang di Pasar Kliwon Kudus sekitar 1.800 orang.

Sementara pedagang yang mengajukan, kata dia, untuk sementara dari Pasar Kliwon dan Pasar Baru. Nantinya akan dirapatkan oleh tim dari Dinas Perdagangan Kudus terkait pengajuan keringanan retribusi PKD tersebut.

Tarif retribusi PKD untuk masing-masing pasar berbeda-beda. Misal, tarif retribusi kios Pasar Kliwon sebesar Rp.500 per meter per hari, sedangkan pasar dengan tipe kelas lebih rendah tarifnya sebesar Rp.400/meter/hari. (Roy Kusuma – RSK)

About

You may also like...

Comments are closed.