Disdikpora Lakukan Pelatihan Ketrampilan Bagi Pemuda

Kudus, Radiosuarakudus.com- Para pemuda diharapkan tidak hanya menunggu dan melamar pekerjaan kepada penyedia lapangan kerja. Para pemuda didorong dan diharapkan agar menciptakan lapangan kerja sendiri.

Hal ini disampaikan Kepala Seksi Pengembangan Kelembagaan Kepemudaan pada Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Kudus Murti Santi dalam pelatihan ketrampilan membuat parsel seserahan bagi para pemuda di aula Dekopinda Kudus, Selasa 11 April 2017.

Menurut Murti, setiap tahun pihaknya selalu menggelar pelatihan bagi para pemuda agar bisa mandiri bekerja. Pelatihan yang digelar juga disesuaikan dengan karakter para pemuda dan bisa dikerjakan dengan modal yabg tidak besar. Dan hailnya setiap pelatihan selalu menghasilkan wirausahawan baru.

Untuk pelatihan kali ini, lanjutnya, ada 35 peserta perwakilan dari sembilan kecamatan. Mereka dilatih membuat aneka bentuk parsel untuk hantaran seserahan atau mas kawin, seperti membentuk mukena dan sajadah jadi kura-kura, boneka, dan bunga. Untuk pelatih diambil dari lembaga pelatihan yang ada di Kudus.

Dipilihnya pelatihan ini, menurut Murti, karena peluang usaha ini terbuka lebar. Banyak calon pengantin yang memilih memanfaatkan jasa pembuatan parsel untuk menunjang acara pernikahan.

Usaha ini juga bisa dikerjaan di luar pekerjaan utama dan sangat prospektif. Moh Ali, salah satu peserta dari Desa Pasuruhan  Lor, Kecamatan Jati mengatakan, usaha ini memiliki peluang besar, karena di daerahnya banyak calon pengantin yang selalu mencari jasa menghias parsel. Usaha ini juga bisa untuk mengisi waktu luang di luar pekerjaannya sebagai tukang parkir. (Roy Kusuma РRSK)

About

You may also like...

Comments are closed.