Dishub Tahun Depan Siap Operasionalkan Bus Sekolah

Kudus, Radiosuarakudus.com- Dinas Pehubungan kabupaten Kudus kini memiliki dua unit bus sekolah setelah tahun lalu mendapatkan satu unit, beberapa hari lalu mendapatkan satu unit lagi. Kepala Dinas Perhubungan kabupaten Kudus, Abdul Halil, Rabu 16 Desember 2020 ketika ditemui dikantornya mengatakan bantuan bus sekolah itu dari Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jendral Perhubungan Darat dalam meningkatkan  sarana dan fasilitas angkutan umum di Tanah Air, termasuk bus angkutan sekolah.

Tahun lalu lanjut Halil, pihaknya menerima satu unit yang saat itu pernah digunakan untuk mengangkut anak sekolah dari rumah ke sekolah di desa Setrokalangan kala itu desa tersebut tergenang banjir. Diakui oleh Halil, bantuan bus sekolah tahun lalu memang belum dilaksanakan secara maksimal. Rencananya kata dia, penggunaan bus sekolah ini akan dimaksimalkan untuk mengangkut siswa sekolah yang berada diwilayah sulit transportasi.

Saat ini pihaknya tengah melakukan pemetaan selanjutnya akan dilaporkan ke Plt Bupati Kudus. Ini juga terkait pembiayaan operasional bus sekolah itu nantinya. Biaya operasional itu meliputi BBM, sopir dan perawatan bus sekolah itu sendiri. Karena pihaknya belum ada anggaran untuk biaya operasional bus sekolah  itu. Bila memang nanti sudah siap untuk anggaran operasional, maka bus sekolah siap untuk dioperasionalkan bagi para pelajar yang berada diwilayah – wilayah sulit transportasi.

Rencananya kata Halil, tahun depan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan camat Gebog, Undaan, Kaliwungu dan Jekulo. Dari masukan – masukan keempat camat ini nanti, maka operasional bus sekolah dapat dilakukan dan dijadwal secara bergilir. Untuk saat ini imbuh Halil, pihaknya juga siap mengirimkan bus sekolah dalam membantu para korban banjir bila memang dibutuhkan. Khususnya bagi wilayah – wilayah yang rawan bencana banjir. (Roy Kusuma – RSK)

About

You may also like...

Comments are closed.