Dosen UMK Diajak Mempublikasikan Paper Dan Hasil Riset Ke Jurnal Internasional

Seminar

Kudus, Radiosuarakudus.com РSekitar 30 dosen Universitas Muria Kudus (UMK) mengikuti diskusi yang membahas  bagaimana mempublikasikan paper (makalah) dan hasil riset (penelitian) di jurnal internasional, Senin 21 April 2014.

Diskusi yang diselenggarakan Fakultas Teknik UMK tersebut, digelar di Ruang VVIP Lantai I Gedung Rektorat dan dibuka oleh Wakil Rektor I Dr Suparnyo SH MS. Hadir sebagai narasumber, Dr Tutut Herawan dari Jabatan (Program Studi) Sistem Maklumat Universiti Malaya, Malaysia.

Pada kesempatan itu, Tutut yang menjadi chief editor di beberapa jurnal internasional memotivasi puluhan dosen UMK agar mempublikasikan paper dan hasil penelitiannya di jurnal-jurnal internasional di luar negeri.

Doktor kelahiran Jepara yang kini berkarier di Universiti Malaya ini berpesan, agar memilih penerbit (publiser) yang benar-benar bagus. Dia pun menyebut banyak sekali publiser jurnal internasional yang ternama. Antara lain IEEE, Kluwer, Taylor & Francis, Elsevier, Springer, IEICE, MIT, IGI Global, Emerald, Wiley, IO Press, dan Pergamon.

Ditegaskannya, untuk menembus sebuah jurnal internasional memang memerlukan perjuangan yang keras. Diceritakannya, dirinya pernah punya pengalaman mengirim naskah ke jurnal internasional di Singapura, satu setengah tahun baru dapat keputusan. Itu pun masih revisi,

Selain itu, proses paper bisa diterima di jurnal internasional, juga membutuhkan waktu panjang. Terkadang, proses review sangat lama. Kita daftar tahun ini, tahun depan mungkin baru di-review. Dan mengetahui hasil review-nya, juga bisa sakit hati. Mungkin nanti akan ada alasan Bahasa Inggris-nya kurang bagus seperti Bahasa Inggris style Jawa, hingga metodologi yang tidak jelas.

Tutut juga menceritakan pengalaman salah satu mahasiswanya asal Republik Rakyat Cina (RRC) yang studi S-3 di Malaysia, kendati paper-nya sangat bagus, namun menunggu waktu lama untuk terbit. Yakni sampai dua tahun.

You may also like...

Comments are closed.