FKDK Mendapat Sosialisasi Dari BPJS Kesehatan Kudus

Kudus, Radiosuarakudus.com- BPJS Kesehatan Kudus melakukan sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada dua belas komunitas para penyandang disabilitas di Kabupaten Kudus. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut koordinasi yang dilakukan sebelumnya dengan Forum Komunikasi Disabilitas Kudus (FKDK) beberapa waktu lalu. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kudus Agustian Fardianto mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian BPJS Kesehatan bersama dengan Pemerintah Kabupaten Kudus terhadap para penyandang disabilitas di Kabupaten Kudus yang memang menjadi fokus atau konsen dari arah pembangunan Nasional maupun pembangunan di Kabupaten Kudus.

“Sebelumnya kami bersama-sama sudah melakukan audiensi dengan Bupati Kudus terkait kepastian penjaminan kesehatan bagi para penyandang disabilitas di Kabupaten kudus. Melalui komunikasi tersebut Bupati menyambut positif untuk mengakomodir permintaan atau aspirasi dari teman-teman para penyandang disabilitas. Namun ketika kita akan bergerak, kami mengalami kesulitan terkait pendataan,” kata Ardi.

Ardi melanjutkan kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk menghimpun seluruh data para penyandang disabilitas dari dua belas komunitas, agar bisa di sandingkan dengan data BPJS Kesehatan. Selanjutnya dilakukan verifikasi oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan,Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3P2KB) dan hasil verifikasi disampaikan ke Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) untuk diproses ke BPJS Kesehatan sebagai usulan peserta JKN dengan pembiayaan daerah.

Jaminan Kesehatan Nasional bagi penyandang disabilitas di jamin oleh pemerintah tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 52 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial Bagi Penyandang Disabilitas. Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Andini Aridewi mengatakan untuk saat ini Kabupaten Kudus sudah mencapai Universal Coverage Health (UHC).

“Harapanya seluruh aspek dari semua lapisan masyarakat di Kabupaten Kudus sudah terlindungi jaminan kesehatannya termasuk juga komunitas para penyandang disabilitas di Kabupaten Kudus. Beberapa waktu lalu dari FKDK sudah melakukan audiensi dengan Bupati untuk bagaimana semua para penyandang disabiltas bisa terlindungi jaminan kesehatannya” jelas Andini.

Andini menyampaikan terima kasih atas semua support bantuan dari BPJS Kesehatan Kudus dan kerja sama yang baik dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, baik dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinsos P3P2KB serta seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Kudus yang mendukung dan memberikan masukan untuk berkiprah dan berkontribusi bersama agar JKN ini bisa diselenggarakan dengan baik di Kabupaten Kudus dan membawa manfaat untuk semua.

“Semoga pelaksanaan JKN di Kabupaten Kudus bisa lebih optimal untuk menuju cakupan peserta 98 persen,” pungkasnya. (Roy Kusuma – RSK)

About

You may also like...

Comments are closed.