Kembali Bea Cukai Gagalkan Pengiriman Rokok Ilegal

Kudus, Radiosuarakudus.com- Kembali Kantor Bea dan Cukai Kudus melakukan pengungkapan serta penindakan terhadap pendistribusian rokok ilegal. Kali ini, Bea dan Cukai Kudus melakukan dua penindakan sekaligus, yakni di Kudus dan Jepara pada Kamis (27/05/2021). Penindakan pertama dilakukan di tempat jasa ekspedisi yang digunakan sebagai tempat untuk menimbun dan mengirimkan rokok illegal di Kudus. Sedangkan penindakan kedua di rumah yang digunakan sebagai tempat untuk mengemas dan menimbun rokok illegal di Jepara.

“Dari dua penindakan ini, diperoleh total barang bukti sebanyak 320.000 batang rokok ilegal jenis Sigaret Kretek Mesin (SKM)  dengan total perkiraan nilai barang adalah Rp. 326.400.000 dan total potensi kerugian negara yang berhasil kami selamatkan mencapai Rp. 214.502.400,” kata Kepala Kantor Bea dan Cukai Kudus, Gatot Sugeng Wibowo, Sabtu (29/5/2021).

Sebelumnya kata Gatot, penindakan ini berawal dari informasi  masyarakat tentang adanya pengiriman rokok yang diduga ilegal melalui jasa ekspedisi di Kudus. Dari informasi itu, pihaknya lalu menindaklanjuti dengan menuju jasa ekspedisi tersebut. Tim tiba di lokasi sekitar pukul 16.00 WIB, kemudian melakukan pemeriksaan dan mendapati 2 karton rokok ilegal jenis SKM siap dikirim ke daerah Bogor sesuai dengan resi pengiriman. Dari hasil penindakan ini berhasil diamankan 32.000 batang rokok jenis SKM merek “TITAN BOLD”  yang  dari pengemasnya dilekati pita cukai palsu jenis SKT seri I tahun 2021.

Kemudian sekitar pukul 18.00 WIB lanjut Gatot, pihaknya juga memperoleh informasi kembali tentang adanya rencana pengiriman rokok yang diduga ilegal dari sebuah rumah di Desa Kalipucang Kulon Welahan, Jepara.  Selanjutnya, tim penindakan meluncur kelokasi. Tiba di lokasi, didapati  rumah kelihatan sepi dan sampai dengan pukul 18.30 WIB tidak ada mobil yang datang ke rumah tersebut untuk melakukan pengiriman rokok.

“Kami memutuskan untuk memeriksa rumah dan mendapati 72 bal rokok ilegal jenis SKM, dengan rincian  sebanyak 144.000 batang rokok Jenis SKM merek “LARIS BROW”, 104.000 batang rokok Jenis SKM merek “DJARAN GOYANG”, dan 40.000 batang rokok Jenis SKM merek “GHAHARU” yang semuanya ditemukan tanpa dilekati pita cukai,” ujar Gatot.

Dari hasil penindakan itu, seluruh barang bukti dibawa ke Kantor Bea Cukai Kudus untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. (Roy Kusuma – RSK)

 

About

You may also like...

Comments are closed.