KPU Kudus Sosialisasikan Jadwal Kampanye Pemilu 2024

Kudus, Radiosuarakudus.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus, melakukan sosialisasi keputusan KPU nomor 28/2024 tentang Penetapan Jadwal Kampanye Pemilihan Umum Melalui Metode Rapat Umum Anggota DPRD Kabupaten Kudus Dalam Pemilu 2024 terhadap parpol dan masyarakat.

Dalam sosialisasi tersebut, turut menghadirkan Badan Pengawas Pemilu Umum (Bawaslu), pengurus partai politik (Parpol), instansi terkait lainnya, serta TNI/Polri.

“Dari 14 parpol peserta Pemilu 2024, tercatat ada empat parpol yang tidak ikut mengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden. Akan tetapi dua parpol di antaranya berikrar mendukung dan dua parpol, yakni PKN dan Partai Buruh masih tetap independen,” kata Anggota KPU Kabupaten Kudus Muhamad Mawahib ditemui di sela-sela sosialisasi jadwal kampanye di Hotel @Hom Kudus, Sabtu (20/1/2024).

Untuk kedua parpol yang independen tersebut, kata dia, bisa melaksanakan kampanye rapat umum terbuka setiap hari. Sedangkan parpol pengusung bisa mengikuti jadwal kampanye pasangan capres dan cawapres.

Sementara kampanye tertutup masih berjalan seperti biasa, yakni dengan mengikuti aturan dan perizinan yang ada.

Selain itu, kata dia, jumlah pesertanya juga harus mengikuti kapasitas gedung untuk kegiatan rapat umum tertutup.

Terkait dengan kampanye dewan perwakilan daerah (DPD), tidak ada perbedaan dengan rapat umum partai politik atau calon presiden dan wakilnya.

Untuk lokasi kampanye rapat umum terbuka, mengikuti surat keputusan KPU Kudus nomor 405/2023 tentang Penetapan Lokasi Pemasangan Alat Peraga Kampanye dan Tempat Kampanye Rapat Umum pada Pemilu 2024.

Tercatat ada 16 titik lokasi di sembilan kecamatan yang bisa digunakan untuk kampanye rapat umum Pemilu 2024. Belasan tempat kampanye terbuka tersebut merupakan lapangan milik desa, sedangkan pemanfaatannya tentu harus seizin pengelola lapangan tersebut.

Jadwal kampanye dimulai tanggal 21 Januari hingga 10 Februari 2024. Sedangkan jam pelaksanaannya dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

“Kami ingatkan para peserta kampanye, untuk selalu menjaga ketertiban dan memberi kenyamanan kepada masyarakat yang lain yang menggunakan jalan dan lainnya,” ujarnya.

Polres Kudus, kata dia, juga mengingatkan agar tidak ada yang memakai knalpot brong. Sedangkan dari TNI mengingatkan agar tidak ada yang memakai pakaian loreng dan pakaian yang menjadi identitas TNI/Polri. (Roy Kusuma – RSK)

About

You may also like...

Comments are closed.