Masyarakat Kudus Sangat Toleran Bagi Etnis Lain

Kudus, Radiosuarakudus.com- Bertempat diaula Balai Desa Rendeng Kecamatan Kota, sebanyak 40 orang yang tergabung dalam Forum Persaudaraan Bangsa Indonesia (FPBI) Kabupaten Kudus mendapatkan pembinaan, Selasa (14/12/2021). Acara yang di inisiasi oleh Kantor Kesbangpol Kudus ini dihadiri oleh Bupati Kudus, HM. Hartopo. Kepala Kantor Kesbangpol Kudus, Harso Widodo mengatakan forum yang sudah berdiri sejak empat tahun lalu ini anggotanya adalah multi etnis dan suku yang ada di Kudus.

Peserta dalam kegiatan ini kata Harso Widodo adalah para pelajar, mahasiswa dan warga dari luar Jawa yang beraktifitas di Kudus. Sengaja pelajar dan mahasiswa dari luar Jawa diundang dalam acara ini agar mereka sebagai kader bangsa dapat mengemban amanah dalam menjaga NKRI.

“Ini sebagai sarana kami untuk memupuk bagaimana masyarakat Indonesia yang ada di Kudus bisa memberikan contoh dan teladan terkait keberagaman yang ada lalu kita bingkai dalam suatu wadah dan Insya Allah akan terwujud suatu kerukunan bagi Bangsa Indonesia,” kata Harso Widodo, Selasa (14/12/2021).

Sementara itu Bupati Kudus, HM. Hartopo mengatakan FPBI adalah suatu pendidikan untuk menambah wawasan kebangsaan khususnya adalah bagi pelajar dan mahasiswa dari luar Jawa yang ada di Kudus. Harapannya, karena setiap daerah memiliki kearifan lokal maka secepatnya mereka harus dapat beradaptasi.

“Tentunya perbedaaan ini menjadi kebanggaan kita. Karena dengan kemajemukan ini justru harus semakin kuat menjalin persatuan dan kesatuan dalam NKRI. Seperti halnya para pelajar maupun mahasiswa dari luar Jawa dalam pertukaran pelajar dan menuntut ilmu di Kudus ini, tentunya menjadi hal yang positif sekali, “ kata Hartopo.

Menurutnya, para pelajar dan mahasiswa dari luar Jawa yang asal daerahnya memiliki kearifan lokal sendiri dapat beradaptasi dan belajar dengan kondisi kearifan lokal di Kudus. Ini kata dia, bisa menjadi tempat untuk menambah wawasan kebangsaan bagi mereka.

“Masyarakat Kudus sangat terbuka bagi etnis lain diwilayah Indonesia yang berada disini. Masyarakat Kudus sangat toleran dengan etnis lain dan merupakan salah satu kabupaten yang wilayahnya sangat kondusif. Karakter masyarakat Kudus inilah yang dapat diadopsi oleh daerah lain,” tutup Hartopo. (Roy Kusuma – RSK)

About

You may also like...

Comments are closed.