MDMC Kudus Salurkan Bantuan Makanan Kepada Korban Banjir

Kudus, Radiosuarakudus.com- Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kudus bekerjasama dengan Lazismu dan di dukung RS Aisiyah Kudus sejak Minggu (1/1/2023) membuka dapur umum dihalaman masjid Al Islam Desa Kedungdowo Kecamatan Kaliwungu. Dapur umum ini dibuka untuk menyalurkan nasi bungkus kepada warga Desa Setrokalangan Kecamatan Kaliwungu yang terdampak banjir. Banyak rumah warga yang tergenang banjir dengan ketinggian antara 30 cm hingga 1,5 meter. Meski begitu banyak warga desa tersebut yang memilih masih bertahan dirumah masing – masing. Walau akses jalan desa terendam air yang cukup tinggi.

Koordinator pos pelayanan korban banjir MDMC Kabupaten Kudus, Khaniful Anwar mengatakan awal posko pelayanan ini didirikan sejak hari Minggu (1/1/2023) karena adanya permintaan dari Pemdes Setrokalangan dan juga Camat Kaliwungu Kudus. Sejak berdiri dibukanya dapur umum ini, per hari disalurkan sebanyak 1000 nasi bungkus untuk makan siang dan 1000 lagi untuk makan malam. Sedangkan untuk makan pagi, warga terdampak banjir mendapat bantuan dari pihak Kecamatan Kaliwungu.

“Kami salurkan dua ribu nasi bungkus untuk makan siang dan makan malam. Setiap kali penyaluran sebanyak 1000 nasi bungkus. Di dapur umum ini dibantu sebanyak 80 relawan yang terbagi dalam dua shift. Untuk penyaluran nasi bungkus ke warga yang berada dirumah, kami gunakan kendaraan jeep dan perahu,” terang Khaniful Anwar, Selasa (3/1/2023).

Sedikitnya lanjut dia, dibutuhkan dua kuintal beras per hari dan satu krat telur dalam satu kali masak. Rencananya kata dia, dapur umum ini berdiri hingga sepekan. Namun bisa akan lebih lama melihat situasi warga Desa Setrokalangan yang terdampak musibah banjir.

Salah satu warga Ahmad Sudarji (45) warga Desa Setrokalangan mengaku, keluarganya enggan mengungsi karena dianggapnya air belum masuk rumahnya. Apalagi rumahnya termasuk agak tinggi sehingga air hanya mengenangi halaman saja. Meski air di halaman rumahnya dan jalan desa ketinggiannya mencapai 70 cm.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada MDMC Kudus yang sudah mengirimkan makanan secara rutin untuk makan siang dan makan malam. Kami memang tidak bisa kemana – mana mas. Tapi sepanjang air belum masuk rumah, kami belum mengungsi,” tuturnya. (Roy Kusuma – RSK)

About

You may also like...

Comments are closed.