Pemandian Rahtawu Bisa Jadi Obyek Wisata Andalan

rahtawu

Kudus, Radiosuarakudus.com –¬†Pemandian Rahtawu di Pegunungan Rahtawu Kudus, cukup potensial dikembangkan sebagai objek wisata alam. Selama ini, objek wisata andalan di Kudus merupakan objek wisata religi, sedangkan objek wisata alam yang ada memang perlu dipromosikan, termasuk pemandian alami di Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kudus.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus, Sunardi, Senin 9 Maret 2015. Ia mengatakan objek wisata di Desa Rahtawu kini mulai menjadi daya tarik masyarakat di sekitar Kudus, karena setiap akhir pekan mulai ramai dikunjungi wisatawan.

Selain mendapatkan suguhan lokasi pemandian yang alami, pengunjung juga bisa mengunjungi objek wisata “Watu Nganten” dan “Kedung Gong”. Pasca longsor yang sempat memutus akses jalan utama warga desa setempat, kini di lokasi kejadian memang terdapat lokasi yang nyaman dijadikan tempat pemandian alami serta menyuguhkan panorama yang unik karena terdapat batu raksasa yang berasal dari puncak gunung yang longsor.

Dengan adanya dorongan pengembangan objek wisata alam setempat, dia berharap, tidak hanya memunculkan perekonomian baru bagi warga sekitar, melainkan jangka panjang juga bisa mendorong warga setempat untuk ikut menjaga lingkungan alam sekitarnya agar tetap asri dan tidak mudah melakukan perambahan hutan.

Dijelaskannya, upaya yang akan dilakukan untuk mendorong tumbuhnya destinasi wisata di Kudus, yakni dalam waktu dekat akan diselenggarakan pelatihan kemampuan kerja yang berguna untuk pengembangan desa wisata.

Dia mengharapkan, keahlian yang dimiliki warga desa setempat, bisa memunculkan usaha baru sebagai penunjang keberadaan objek wisata di desa itu. Selain itu, pihaknya juga akan mendorong peran aktif kelompok sadar wisata (pokdarwis) karena peran mereka diharapkan objek wisata setempat bisa menarik minat wisatawan.

You may also like...

Comments are closed.