Peringati Hari Anti Korupsi Sedunia, SMP Kanisius Gelar Permainan Anti Korupsi

Kudus, Radiosuarakudus.com-  Pelajar SMP Kanisius Kudus, Kamis (8/12/2022) menggelar perlombaan permainan antikorupsi dalam rangka peringatan hari antikorupsi sedunia.

Perlombaan tersebut, digelar di aula SMP Kanisius yang diikuti ratusan peserta secara berkelompok. Masing-masing kelompok mendapatkan kesempatan melempar bola tenis ke arah orang-orangan sawah sebagai simbol koruptor.

“Bagi siswa yang berhasil melempar bola ke arah kepala orang-orangan sawah, maka mendapatkan nilai tertinggi, yakni 9,” kata Kepala SMP Kanisius Kudus Herry Christanto, Kamis (8/12/2022).

Alasan bisa mengenai kepala mendapatkan nilai tertinggi, kata dia, karena sumber korupsi berasal dari pola pikir, sehingga untuk memberantas korupsi harus dimulai dari perubahan pola pikir ke arah yang benar sesuai aturan.

Sasaran lainnya, yakni tangan akan mendapatkan nilai delapan dan badan mendapatkan nilai enam.

“Tangan dan anggota badan mengikuti pikiran para koruptor,” ujarnya.

Permainan sederhana tersebut, sebagai upaya mendidik siswa melawan sikap korup dimulai dari diri sendiri yang berasal dari pikiran.

Siswa juga diminta membuat pesan khusus melalui kertas serta membubuhkan tanda tangan pada kain putih serta menuliskan pesan untuk memberantas korupsi.

Melalui kegiatan tersebut, para siswa juga diperkenalkan nilai-nilai antikorupsi, seperti kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, kerja keras, kesederhanaan, kemandirian, dan keadilan.

“Setidaknya, ketika dewasa mereka mampu menjaga prinsip hidupnya tersebut,” ujarnya.

Salah seorang siswa kelas IX Mathew Alexander Sugiarto mengaku senang dengan kegiatan ini. Menurutnya korupsi adalah mengambil sesuatu yang bukan miliknya. Dia juga merasa geregetan dan jengkel dengan perilaku oknum pejabat yang suka korupsi. Ini bisa dilihat di televisi bagaimana seorang oknum pejabat ditangkap KPK karena korupsi.

“Saya setuju bila hukuman bagi para koruptor diperberat bukan malah diperingan. Karena hukuman berat bahkan hukuman mati bagi para koruptor akan memberikan efek jera bagi pelakunya,” pungkas Mathew. (Roy Kusuma – RSK)

About

You may also like...

Comments are closed.