Tahun Depan Perbaikan Pasar Jember Menjadi Prioritas

Kudus, Radiosuarakudus.com- Pasar Jember yang terletak di Kelurahan Purwosari, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus akan direvitalisasi pada tahun 2023 mendatang. Menjadi prioritas perbaikan, pasar tersebut dianggarkan senilai Rp. 200 juta untuk perbaikan awal.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Sudiharti mengungkapkan, pasar Jember memang sudah waktunya untuk dilakukan perombakan total. Meskipun dari luar terlihat baik-baik, namun saat masuk ke dalam pasar, banyak lantai rusak dan atap yang minta untuk segera diperbaiki.

“Dalamnya (Pasar Jember) sudah rusak. Sudah gak layak pokoknya. Lantainya rusak, perlu bongkar total,” kata Sudiharti, Senin (22/8/2022).

Idealnya, dalam melakukan revitalisasi total Pasar Jember diperlukan biaya Rp 20 miliar. Etik mengatakan, biaya tersebut mungkin bisa ditekan menjadi sekitar Rp 15 miliar. Namun mengaca keadaan perekonomian kabupaten yang belum stabil seperti sekarang, anggaran tersebut terlihat terlalu banyak.

Selama ini, lanjutnya, Pasar Jember masih menjadi tanggungjawab milik investor dan baru berpindah tangan ke Disdag Kudus pada tahun 2022 ini. Beberapa kali perbaikan juga telah dilakukan sebelumnya. Tapi hanya sebatas perbaikan terbatas, seperti perbaikan saluran air.

“Pasar Jember sudah pernah diperbaiki, tapi belum pernah direhab total. Hanya sedikit-sedikit, paling perbaikan saluran air,” tegas Sudiharti.

Untuk itu di tahun 2023, Disdag Kudus akan memprioritaskan revitalisasi Pasar Jember. Agar seperti pasar-pasar lainnya yang sudah sempat dilakukan rehab total dan terlihat lebih bagus serta tertata rapi.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Disdag Kudus Albertus Harys Yunanto mengungkapkan, perbaikan di tahun 2023 Pasar Jember dianggarkan sebesar Rp 200 juta terlebih dahulu. Nominal tersebut sudah diusulkan dalam Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Kabupaten Kudus terbaru.

“Idealnya memang Rp. 20 miliar untuk rehab total, tapi di PPAS kita usulkan Rp. 200 juta,” ungkapnya.

Dengan dana usulan tersebut, direncanakan akan digunakan untuk memperbaiki atap Pasar Jember. Kendati belum bisa melakukan perbaikan total, tapi paling tidak perbaikani bisa segera dilakukan. (Roy Kusuma – RSK)

About

You may also like...

Comments are closed.