UMK Kantongi Ijin Program RPL

Kudus, Radiosuarakudus.com-  Universitas Muria Kudus (UMK) mengantongi izin untuk menjalankan program rekognisi pembelajaran lampau (RPL) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

“Program rekognisi tersebut hampir seluruh program studi (Progdi) yang ada di UMK sebanyak 16 progdi,” kata Rektor UMK Darsono, Rabu (15/5/2024).

Ia mengungkapkan dengan program rekognisi, maka masa program studi para mahasiswa bisa lebih pendek, sehingga perkuliahan bisa diselesaikan lebih cepat.

Untuk saat ini, imbuh dia, UMK tengah mempersiapkan pendaftaran baru, sehingga mahasiswa yang sebelumnya mengalami drop out (DO), bisa mendaftar lagi. Nantinya, kata dia, mata kuliah yang pernah diikuti selama perkuliahan yang lampau akan dihargai.

“Bahkan, mahasiswa yang memiliki sertifikat dan aktivitas rekam jejak di dalam kehidupan masyarakat bisa ditunjukkan untuk dikonversi ke dalam nilai satuan kredit semester (SKS),” ujarnya.

Demikian halnya, kata dia, mereka yang memiliki talenta aktivitas juga akan mendapatkan rekognisi atau penghargaan atas itu, karena ada aturan mendapatkan aturan konversi.

Berdasarkan ketentuan, kata dia, bisa diakui sebagai nilai dalam perkuliahan hingga 60 persen dari total pencapaian kesarjanaan, sehingga mahasiswa tidak sampai menuntaskan perkuliahan hingga delapan semester.

Secara pembiayaan, imbuh dia, juga lebih ringan dan pembelajaran di luar hard skill juga ada peluang lebih lebar untuk pembelajaran soft skill.

“Kami juga sudah menerbitkan aturan terkait kegiatan di luar perkuliahan menjadi pengakuan SKS resmi berbasis kurikulum, sehingga bisa memperpendek masa studi,” ujarnya. (Roy Kusuma – RSK)

About

You may also like...

Comments are closed.