UMKU Kerjasama Dengan Djarum Jalankan Program GEMAS

Kudus, Radiosuarakudus.com-  Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) telah sukses bekerja sama dalam menjalankan Gerakan Menjaga Periode Emas (Gemas) di PT Djarum. Program ini berupaya menjamin kesehatan para karyawan dari hamil hingga punya anak berusia dua tahun. Sejak diluncurkan empat tahun lalu, program ini sudah menjangkau ribuan buruh di berbagai lokasi yang dimiliki perusahan rokok tersebut

Memasuki tahun keempat program Gemas, Universitas Muhammadiyah Kudus  kembali bersepakat memantapkan kerja sama dengan meningkatkan lingkup kerja sama.

Perwakilan Djarum Foundation Rahma Mochtar Kusumasastra, MPH menjelaskan bahwa kepedulian perusahaan terhadap karyawan yang hamil difasilitasi dengan pendampingan intensif sampai lahir hingga usia anak memasuki tahun kedua dengan pendekatan 1000 hari kehidupan pertama. Ia juga menambahkan lingkup kerjasama dengan UMKU perlu  ditingkatkan.

“Saat ini jumlah ibu hamil yang kita cover semakin banyak, untuk itu membutuhkan support dari UMKU terkait tenaga kesehatan, selain itu research dari tiap-tiap program Gemas ini perlu dilakukan secara berkala untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan program” ungkapnya

Menanggapi hal tersebut, Rektor UMKU Dr. Edy Soesanto yang meninjau langsung pelaksanan program di lokasi Djarum Blolo Kaliwungu Kudus memberikan apresiasi sangat positif. Menurutnya program ini luar biasa, setiap buruh yang hamil mendapatkan fasilitas pemeriksaan dan monitoring kesehatan, ini bagus karena periode kehamilannya selalu terkontrol hingga anak berusia dua tahun.

“Saat ini kita melihat pendampingan ibu hamil dengan ditemani suami, guna mendapatkan penyuluhan lebih konprehensif telah berjalan, sehingga suami bisa lebih pengertian terhadap istrinya yang hamil dan mengetahui tindakan-tindakan yang diperlukan” ujarnya.

“Nanti akan diteliti, hasilnya seperti apa? Adakah signifikansi ketika suami ikut datang pendampingan bersama istrinya yang hamil ataukan tidak” tambahnya

Sampai dengan saat ini mahasiswa UMKU yang diterjunkan di dokter keluarga pada program Gemas ini mencapai 100 an mahasiswa. Mereka terdiri dari Prodi Keperawatan, Kebidanan, Farmasi dan Gizi. (Roy Kusuma – RSK)

About

You may also like...

Comments are closed.