BANJIR KUDUS MEMBUAT PARIWISATA LESU

museum kretek kudus

Radiosuarakudus.com – Bencana banjir yang melanda Kabupaten Kudus dua pekan lalu tidak hanya megakibatkan kerugian pada infrastruktur dan sarpras, tapi juga penurunan jumlah wisata yang datang ke Kudus.

Menurut penjelasan Kabid Pariwisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus, Sancaka Dwi Supani, Jum’at 14 Pebruari 2014, dua minggu lalu saat akses masuk Kudus berhenti total pariwisata Kudus mengalami penurunan.

Paling terasa wisata religi karena peziarah tidak bisa masuk Kudus saat terjadi banjir. Akses semua tertutup karena semua jalur tergenang air. Sekarang ini mulai ada pemulihan, dan diharapkan dapat kembali normal.

Selain dari wisata religi, pengusaha rumah makan mengeluhkan sepi dan pemasukan menurun. Pani juga menjelaskan, penjual cendera mata yang ada di sekitar Menara Kudus dan Colo sepi tidak seramai jika ada peziarah yang datang.

Selain itu, Museum Kretek biasanya kalau Minggu ada pengunjung dari beberapa sekolah baik dari dalam maupun luar Kudus, juga terimbas mengalami penurunan jumlah pengunjung

Dia mengatakan penurunan pengunjung untuk wisata ziarah mencapai 60 persen, wisata kuliner penurunanya hingga 80 persen dan wisata edukasi seperti di Museum Kretek dan Pati Ayam mengalami penurunan 60-80 persen

You may also like...

Tinggalkan Balasan