BERSAMAAN DENGAN PILBUB DAN PILGUB, PILKADES KEMUNGKINAN DIUNDUR

Rencana pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) yang tersebar di 117 desa di Kabupaten Kudus, terancam mundur dari jadwal karena bersamaan dengan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kudus maupun Pemilihan Gubernur 2013.
Menurut Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Kudus, Agus Budi Satriyo, baru – baru ini mengatakan, sesuai rencana, pelaksanaan Pilkades akan digelar empat bulan sebelum masa kerja kepala desa berakhir.
Dan terdapat 117 kepala desa yang akan memasuki masa akhir jabatan antara bulan Juli hingga Agustus 2013 mendatang. Hanya saja, pada saat yang sama juga bertepatan dengan persiapan Pilkada Kudus yang rencananya akan digelar bersamaan dengan Pilgub Jateng 2013. 
Ia mengkhawatirkan, jika pelaksanaan Pilkades digelar bersamaan dengan Pilkada maupun Pilgub akan menimbulkan kerawanan, terutama dalam menjaga situasi wilayah tetap kondusif akan kesulitan.
Terlebih lagi, suhu politik dalam pelaksanaan Pilkades dinilai lebih sensitif, di banding Pilkada maupun Pilgub nantinya.
 Dengan demikian, lanjut di dipastikan akan ada pertimbangan untuk diundur hingga pelaksanaan Pilkada Kudus maupun Pilgub yang digelar bersamaan selesai. Sedangkan putusan pelaksanaan Pilkades diundur atau tidak, merupakan kewenangan Bupati.
 Sebelumnya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan penyelenggara Pilkada Kudus, guna mengetahui tahapan hingga jadwal pelaksanaannya.
 Nantinya, Pemkab Kudus juga akan berkonsultasi dengan Provinsi Jateng, karena ada daerah di Jateng yang juga mengalami permasalahan serupa.
 Adapun estimasi dana stimulan yang disiapkan untuk mendukung pelaksanaan Pilkades di 117 desa tersebut sebesar Rp15 juta per desa.

You may also like...

Tinggalkan Balasan