Pedagang Pasar Besito Sepakat Pindah Awal Pebruari

Kudus, Radiosuarakudus.com- Pedagang Pasar Besito sepakat akan pindah ke lokasi yang baru pada 1 Pebruari mendatang. Setelah dua tahun lamanya bangunan pasar baru tidak ditempati, sehingga beberapa bagian bangunan rusak, seperti kaca pecah dan sekitarnya tumbuh rumput liar.

Para pedagang sudah mengambil nomor undian pekan lalu dan tinggal membangun lapak masing-masing. Rohadi (57 tahun) pedagang kelapa, Kamis 11 Januari 2018, membangun lapak sesuai dengan los yang diterimanya.

Dia mengaku lebih awal membangun lapak guna memberikan semangat kepada pedagang lain. Persoalannya, masih ada beberapa pedagang yang tukar tempat karena kurang cocok. Rohadi menambahkan, seluruh pedagang setuju pindah ke pasar yang baru. Rohadi sendiri menempati los dengan ukuran 2 X 5 meter persegi.

Berbeda dengan Indrayati (41 tahun) pedagang sembako yang tengah melihat lokasi los pasar Besito yang baru. Dia mengaku hanya menyewa dari salah satu pedagang yang sudah lama tidak berjualan.

Ditempat lama, Indrayati berjualan dengan menyewa kios diluar lingkungan pasar dengan sewa Rp. 4 juta per tahun, Namun, untuk los yang baru ini belum tahu berapa nominal sewanya. Ukuran los yang bakal Indrayati tempati adalah 2×3 meter.

Sementara itu, kepala Dinas Perdagangan Kudus Sudiharti mengatakan,  kepindahan ke pasar baru adalah kesepakatan pedagang. Untuk jumlah pedagang yang terdaftar ada 85 orang dan semuanya sudah mendapatkan tempat. Pembangunan pasar Besito baru dilakukan sejak 2015 dan dilakukan secara bertahap. Hingga 2017 total anggaran Rp 4,9 miliar dengan jumlah kios sebanyak 47 unit dan los berjumlah 38 unit. (Roy Kusuma РRSK)

 

 

About

You may also like...

Comments are closed.